Mengenal tampilan dan lembar kerja

MICROSOFT EXCEL 2010
Bekerja dengan Excel berarti bekerja dengan berbagai data. Excel adalah software pengolah data yang memiliki banyak perintah pendukung untuk memaksimalkan pengolahan data. Excel juga biasa disebut sebagai program spreadsheet dimana tiap-tiap data dapat anda sisipkan pada lembar kerja (worksheet) berbeda. Excel 2010 akan makin mempermudah kerja seorang manajer karena beberapa perintah pendukungnya telah disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas satu persatu fungsi apa saja yang ada di Excel 2010.
Berikut adalah Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:
Gambar 1. Tampilan Workbook Excel 2010
1.      Tab Ribbon, berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat dalam Excel antara lain:
Ø  Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
Ø  Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
Ø  Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya. 
Ø  Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
Ø  Tab Formulas,  berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam  Excel.

Komentar